Sejarah Internet, penggunaan dan penerapan New Media
Sejarah Internet
Internet
dimulai pada tahun 1960an sebagai cara bagi periset pemerintah untuk berbagi
informasi. Komputer di era 60an memiliki ukuran yang besar, hal tersebut
menyebabkan untuk memanfaatkan informasi yang tersimpan di komputer mana pun, seseorang
harus melakukan perjalanan ke lokasi komputer atau memiliki kaset magnetik yang
dikirim melalui sistem pos konvensional.
Perkembangan
lain dalam pembentukan dan pembangunan Internet adalah Perang Dingin yang
mencair. Peluncuran satelit Sputnik oleh Uni Soviet mendorong Departemen
Pertahanan AS untuk mempertimbangkan berbagai informasi yang masih bisa
disebarluaskan bahkan setelah serangan nuklir. Hal ini akhirnya berujung pada
terbentuknya ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network), jaringan yang
pada akhirnya berkembang menjadi apa yang sekarang dikenal sebagai Internet.
ARPANET menjadi sangat sukses, namun keanggotaannya terbatas pada organisasi
akademis dan penelitian tertentu yang memiliki kontrak dengan Departemen
Pertahanan. Sebagai tanggapan terhadap hal ini, jaringan lain diciptakan untuk
memberikan penyebaran informasi.
Pada
tanggal 1 Januari 1983 dianggap sebagai hari Internet. Sebelum adanya Internet, adanya beragam jaringan computer
tidak memiliki standar jaringan dalam berkomunikasi satu computer dengan
computer lainhya. Sebuah protokol komunikasi kemudian didirikan yang disebut
Protokol Kontrol Transfer / Protokol Internetwork (TCP / IP). Hal ini
memungkinkan berbagai jenis komputer pada jaringan yang berbeda untuk berkomunikasi
satu sama lain. ARPANET dan Defense Data Network secara resmi berubah menjadi
standar TCP / IP pada tanggal 1 Januari 1983, sehingga disebut sebagai hari Internet. Saat ini, semua jaringan bisa
dihubungkan dengan bahasa universal. Di masa ini pun terjadi perkembangan yang
pesat pada internet yang terhubung ke jaringan global tanpa batas, mulai dari
anggota masyarakat, instansi pemerintah, perusahaan kecil, hingga perusahaan
besar. Dengan adanya sistem jaringan komputer, beberapa perusahaan besar telah
membuat peralatan jaringan komputer yang berfungsi untuk memudahkan para
pekerja yang bergerak dibidang komputer, bisnis, perkantoran, dan lainnya.
Banyak perusahaan yang menerapkan sistem komputer berbasis jaringan agar lebih
efisien.
Pada
tahun 1998, pengguna email telah dapat dikirim ke 150 negara lebih di dunia dan
dapat menjangkau 100 negara, kemudian pengguna di seluruh dunia pun
diperkirakan telah mencapai 60 juta orang, atau 5 % dari jumlah total seluruh
penduduk dunia, lalu pada tahun 1999 pengguna internet diseluruh dunia hingga
bulan mei sudah mencapai 163 juta orang.
Gambar di atas adalah model skala
UNIVAC I (namanya berdiri untuk Universal Automatic Computer) yang dikirim ke
Biro Sensus pada tahun 1951. Beratnya sekitar 16.000 pound, menggunakan 5.000
tabung vakum, dan dapat melakukan sekitar 1.000 kalkulasi per detik. Itu adalah
komputer komersil Amerika pertama, dan juga komputer pertama yang dirancang
untuk penggunaan bisnis. (Komputer bisnis seperti UNIVAC memproses data lebih
lambat daripada mesin tipe IAS, namun dirancang untuk input dan output yang
cepat.) Beberapa penjualan pertama adalah untuk instansi pemerintah, A.C.
Nielsen Company, dan Prudential Insurance Company. UNIVAC pertama untuk
aplikasi bisnis dipasang di General Electric Appliance Division, untuk
melakukan penggajian, pada tahun 1954. Pada tahun 1957 Remington-Rand (yang
telah membeli Eckert-Mauchly Computer Corporation pada tahun 1950) telah
menjual empat puluh enam mesin.
New Media
Suatu
media yang terhubung dengan internet dan teknologi sebagai pendukung dalam
mendapatkan informasi dalam suatu institusi atau suatu organisasi tempat orang
bekerja disebut New Media atau Bahasa indonesianya adalah Media baru. Dalam
kata Media Baru terdapat pemisah antara kata “lama” dan “baru”. Baru disini
bersifat terbuka dan siapapun dapat mengaksesnya dengan diikuti perkembangan
teknologi.
Dari
efek adanya New Media atau Media Baru perubahan dapat terjadi, perubahan dalam
bidang produksi, konsumsi dan distribusi. Perubahan yang terjadi pun dapat
memudahkan khalayak untuk mengerti dan mengelolanya. Namun, perubahan tersebut
dibagi menjadi beberapa bagian:
·
“New Textual Experiences” yang artinya Jenis baru dalam media
atau pola konsumsi media (Memberikan efek khusus pada film dan Game pada komputer).
·
“New Ways of Representing the World” yang artinya Media menawarkan
kemungkinan baru yang representasional dan pengalaman dengan lingkungan virtual
yang immersiveberbasis layar interaktif
·
“New Relationship between Subjects
(Users And Consumers) And Media Technologies” yang artinya Perubahan penggunaan dan penerimaan gambar
serta media yang digunakan sehari-hari.
·
“New Experiences of the Relationship
between Embodiment, Identity and Community” yang artinya Pergeseran dalam pengalaman pribadi,
sosial setiap waktu dan tempat dalam skala lokal maupun global.
·
“New Conceptions of the Biological
Body’s Relationship to Technological Media” yang artinya Tantangan dalam menerima manusia, alam,
teknologi, dan media sebagai penunjang yang nyata dan virtual.
·
“New Patterns of Organization and
Production” yang
artinya Penyusunan kembali dan integrasi dalam budaya media, industri, ekonomi,
akses, kepemilikan, dan kontrol serta regulasi.
Penerapan
Media Baru dalam internet pada zaman sekarang sudah sangat pesat. Sudah banyak
media media yg bisa digunakan untuk membantu user dalam pencarian informasi ,
dunia hiburan, edukasi dan sebagainya. Jejaring sosial seperti Instagram,
twitter, Facebook, Youtube dll juga sudah menerapkan new media.
Contohnya
saja Youtube. Mungkin sudah banyak yang tahu tentang situs video streaming yang
populer ini bahkan mungkin yang paling lengkap dan variatif dengan youtube kita
bisa meng-upload video dan bisa diakses oleh seluruh dunia secara gratis.
Contoh
berikutnya adalah Facebook. Facebook merupakan salah satu aplikasi yang
jejaring sosial yang popular. Yang bisa membuat para penggunanya bisa
berinteraksi dengan orang diluar sana dengan dilengkapi fitur-fitur yang telah
tersedia untuk memberikan kenyamanan pada saat berinteraksi.
Kemudian facebook pun mempunyai kelebihan
yang menurut saya ini adalah kelebihan yang membuat para pengguna nya merasa
senang ketika menggunakan aplikasi tersebut yaitu :
-Memperbaharui
Status
Dengan memperbaharui status ini lah yang
paling di gemari penggunanya, selain memberikan informasi, para pengguna juga
bisa mengUpload foto ketika memperbaharui status, contohnya ketika sedang macet
di jalanan. Mereka bisa men-Share kapan saja yang mereka mau.
Kemudian ada juga di facebook ada Layanan
Grup, Chatting, lalu pada saat ini Facebook bisa melakukan VideoCall,
Namun, dengan adanya kelebihan yang amat
sangat banyak dari menggunakan New Media seperti Aplikasi Facebook, ada juga
kekurangannya. Yaitu banyaknya penyalahgunaan jejaring social facebook ini seperti:
-Akun
yang berbau Pornografi
-Pemalsuan
akun yang digunakan untuk melakukan penculikan
-Menyindir
seseorang.
Inilah beberapa penerapan karakteristik dalam blog ini:
Digital, blog ini sudah menerapkan karakteristik ini.
Dapat dilihat dengan adanya suatu jaringan internet yang menyampaikan informasi
dalam blog ini secara cepat dan mudah. Dalam setiap berita yang diterima
terdapat teks, grafik, foto atau video yang menjadi pendukung.
Aktivitas interaksi, blog ini dalam berinteraksi yaitu
adanya kolom komentar. Kolom komentar tersebut untuk memberikan ruang kepada
pengunjung blog agar dapat menanggapi artikel yang disebar dan dapat
mengemukakan pendapatnya secara bebas.
Networked, blog ini sangat menerapkan hal tersebut karena
dalam penyebaran artikel tersebut hanya dapat diakses melalui jaringan online
atau berbasis dengan adanya jaringan internet. Dengan hal tersebut memudahkan pengunjung
blog dalam membaca artikel serta informasi yang ada.
Dengan adanya perkembangan teknologi, internet sebagai
teknologi baru dapat menerapkan karakteristik yang ada dalam portal media. Dan
dengan adanya Media Baru, seperti internet dapat memudahkan khalayak untuk
memperoleh dan mengakses portal media yang diinginkan dengan mudah dan cepat.
Kesimpulan
Dari artikel diatas, dapat disimpulkan bahwa seiring perkembangan
jaman, internet menjadi new media atau media baru yang paling banyak serta
sering dimanfaatkan oleh manusia. Hal tersebut disebabkan karena kemudahan yang
disediakan oleh internet sepperti halnua berkomunikasi, bertukar informasi,
mendapatkan hiburan, berbisnis secara online,
dan hal lain sebagainya.
New media merupakan istilah yang dimaksudkan untuk
menandai kemunculan digital, komputer, serta jaringan teknologi informasi dan
komunikasi. Hampir semua kemunculan teknologi yang digambarkan sebagai new media adalah digital.
Referensi:
http://www.usg.edu/galileo/skills/unit07/internet07_02.phtml
https://www.kompasiana.com/santhabriancha/new-media-internet-sebagai-teknologi-baru_58b04793f77e61731b7fc6ef
http://dimbodim.blogspot.co.id/2010/10/penerapan-new-media.html?m=1
http://kriboanker.blogspot.co.id/2011/11/new-media.html?m=1
http://davindirgantara.blogspot.co.id/2014/10/makalah-new-media.html?m=1
https://shaktidarikhwan.wordpress.com/2014/09/29/new-media-definisi-pandangan-manfaat-komponen-aplikasi-dan-menganalisa-serta-menjelaskan-fitur-dari-new-media/
https://hakkajiten.wordpress.com/internet-dan-new-media/pengertian-new-media/
Komentar
Posting Komentar