Sejarah Internet, penggunaan dan penerapan New Media

Sejarah Internet
                  Internet dimulai pada tahun 1960an sebagai cara bagi periset pemerintah untuk berbagi informasi. Komputer di era 60an memiliki ukuran yang besar, hal tersebut menyebabkan untuk memanfaatkan informasi yang tersimpan di komputer mana pun, seseorang harus melakukan perjalanan ke lokasi komputer atau memiliki kaset magnetik yang dikirim melalui sistem pos konvensional.
                Perkembangan lain dalam pembentukan dan pembangunan Internet adalah Perang Dingin yang mencair. Peluncuran satelit Sputnik oleh Uni Soviet mendorong Departemen Pertahanan AS untuk mempertimbangkan berbagai informasi yang masih bisa disebarluaskan bahkan setelah serangan nuklir. Hal ini akhirnya berujung pada terbentuknya ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network), jaringan yang pada akhirnya berkembang menjadi apa yang sekarang dikenal sebagai Internet. ARPANET menjadi sangat sukses, namun keanggotaannya terbatas pada organisasi akademis dan penelitian tertentu yang memiliki kontrak dengan Departemen Pertahanan. Sebagai tanggapan terhadap hal ini, jaringan lain diciptakan untuk memberikan penyebaran informasi.
                  Pada tanggal 1 Januari 1983 dianggap sebagai hari Internet. Sebelum adanya Internet, adanya beragam jaringan computer tidak memiliki standar jaringan dalam berkomunikasi satu computer dengan computer lainhya. Sebuah protokol komunikasi kemudian didirikan yang disebut Protokol Kontrol Transfer / Protokol Internetwork (TCP / IP). Hal ini memungkinkan berbagai jenis komputer pada jaringan yang berbeda untuk berkomunikasi satu sama lain. ARPANET dan Defense Data Network secara resmi berubah menjadi standar TCP / IP pada tanggal 1 Januari 1983, sehingga disebut sebagai hari Internet. Saat ini, semua jaringan bisa dihubungkan dengan bahasa universal. Di masa ini pun terjadi perkembangan yang pesat pada internet yang terhubung ke jaringan global tanpa batas, mulai dari anggota masyarakat, instansi pemerintah, perusahaan kecil, hingga perusahaan besar. Dengan adanya sistem jaringan komputer, beberapa perusahaan besar telah membuat peralatan jaringan komputer yang berfungsi untuk memudahkan para pekerja yang bergerak dibidang komputer, bisnis, perkantoran, dan lainnya. Banyak perusahaan yang menerapkan sistem komputer berbasis jaringan agar lebih efisien.
                  Pada tahun 1998, pengguna email telah dapat dikirim ke 150 negara lebih di dunia dan dapat menjangkau 100 negara, kemudian pengguna di seluruh dunia pun diperkirakan telah mencapai 60 juta orang, atau 5 % dari jumlah total seluruh penduduk dunia, lalu pada tahun 1999 pengguna internet diseluruh dunia hingga bulan mei sudah mencapai 163 juta orang.

Gambar di atas adalah model skala UNIVAC I (namanya berdiri untuk Universal Automatic Computer) yang dikirim ke Biro Sensus pada tahun 1951. Beratnya sekitar 16.000 pound, menggunakan 5.000 tabung vakum, dan dapat melakukan sekitar 1.000 kalkulasi per detik. Itu adalah komputer komersil Amerika pertama, dan juga komputer pertama yang dirancang untuk penggunaan bisnis. (Komputer bisnis seperti UNIVAC memproses data lebih lambat daripada mesin tipe IAS, namun dirancang untuk input dan output yang cepat.) Beberapa penjualan pertama adalah untuk instansi pemerintah, A.C. Nielsen Company, dan Prudential Insurance Company. UNIVAC pertama untuk aplikasi bisnis dipasang di General Electric Appliance Division, untuk melakukan penggajian, pada tahun 1954. Pada tahun 1957 Remington-Rand (yang telah membeli Eckert-Mauchly Computer Corporation pada tahun 1950) telah menjual empat puluh enam mesin.
New Media
                  Suatu media yang terhubung dengan internet dan teknologi sebagai pendukung dalam mendapatkan informasi dalam suatu institusi atau suatu organisasi tempat orang bekerja disebut New Media atau Bahasa indonesianya adalah Media baru. Dalam kata Media Baru terdapat pemisah antara kata “lama” dan “baru”. Baru disini bersifat terbuka dan siapapun dapat mengaksesnya dengan diikuti perkembangan teknologi.
                  Dari efek adanya New Media atau Media Baru perubahan dapat terjadi, perubahan dalam bidang produksi, konsumsi dan distribusi. Perubahan yang terjadi pun dapat memudahkan khalayak untuk mengerti dan mengelolanya. Namun, perubahan tersebut dibagi menjadi beberapa bagian:
·       “New Textual Experiences” yang artinya Jenis baru dalam media atau pola konsumsi media (Memberikan efek khusus pada film dan Game pada komputer).
·       “New Ways of Representing the World” yang artinya Media menawarkan kemungkinan baru yang representasional dan pengalaman dengan lingkungan virtual yang immersiveberbasis layar interaktif
·       “New Relationship between Subjects (Users And Consumers) And Media Technologies” yang artinya Perubahan penggunaan dan penerimaan gambar serta media yang digunakan sehari-hari.
·       “New Experiences of the Relationship between Embodiment, Identity and Community” yang artinya Pergeseran dalam pengalaman pribadi, sosial setiap waktu dan tempat dalam skala lokal maupun global.
·       “New Conceptions of the Biological Body’s Relationship to Technological Media” yang artinya Tantangan dalam menerima manusia, alam, teknologi, dan media sebagai penunjang yang nyata dan virtual.
·       “New Patterns of Organization and Production” yang artinya Penyusunan kembali dan integrasi dalam budaya media, industri, ekonomi, akses, kepemilikan, dan kontrol serta regulasi.
                  Penerapan Media Baru dalam internet pada zaman sekarang sudah sangat pesat. Sudah banyak media media yg bisa digunakan untuk membantu user dalam pencarian informasi , dunia hiburan, edukasi dan sebagainya. Jejaring sosial seperti Instagram, twitter, Facebook, Youtube dll juga sudah menerapkan new media.
                  Contohnya saja Youtube. Mungkin sudah banyak yang tahu tentang situs video streaming yang populer ini bahkan mungkin yang paling lengkap dan variatif dengan youtube kita bisa meng-upload video dan bisa diakses oleh seluruh dunia secara gratis.
                  Contoh berikutnya adalah Facebook. Facebook merupakan salah satu aplikasi yang jejaring sosial yang popular. Yang bisa membuat para penggunanya bisa berinteraksi dengan orang diluar sana dengan dilengkapi fitur-fitur yang telah tersedia untuk memberikan kenyamanan pada saat berinteraksi.

Kemudian facebook pun mempunyai kelebihan yang menurut saya ini adalah kelebihan yang membuat para pengguna nya merasa senang ketika menggunakan aplikasi tersebut yaitu : 
                  -Memperbaharui Status
Dengan memperbaharui status ini lah yang paling di gemari penggunanya, selain memberikan informasi, para pengguna juga bisa mengUpload foto ketika memperbaharui status, contohnya ketika sedang macet di jalanan. Mereka bisa men-Share kapan saja yang mereka mau.
Kemudian ada juga di facebook ada Layanan Grup, Chatting, lalu pada saat ini Facebook bisa melakukan VideoCall,

Namun, dengan adanya kelebihan yang amat sangat banyak dari menggunakan New Media seperti Aplikasi Facebook, ada juga kekurangannya. Yaitu banyaknya penyalahgunaan jejaring social facebook ini seperti:
                  -Akun yang berbau Pornografi
                  -Pemalsuan akun yang digunakan untuk melakukan penculikan
                  -Menyindir seseorang.
                 
Inilah beberapa penerapan karakteristik dalam blog ini:
Digital, blog ini sudah menerapkan karakteristik ini. Dapat dilihat dengan adanya suatu jaringan internet yang menyampaikan informasi dalam blog ini secara cepat dan mudah. Dalam setiap berita yang diterima terdapat teks, grafik, foto atau video yang menjadi pendukung.
Aktivitas interaksi, blog ini dalam berinteraksi yaitu adanya kolom komentar. Kolom komentar tersebut untuk memberikan ruang kepada pengunjung blog agar dapat menanggapi artikel yang disebar dan dapat mengemukakan pendapatnya secara bebas.
Networked, blog ini sangat menerapkan hal tersebut karena dalam penyebaran artikel tersebut hanya dapat diakses melalui jaringan online atau berbasis dengan adanya jaringan internet. Dengan hal tersebut memudahkan pengunjung blog dalam membaca artikel serta informasi yang ada.
Dengan adanya perkembangan teknologi, internet sebagai teknologi baru dapat menerapkan karakteristik yang ada dalam portal media. Dan dengan adanya Media Baru, seperti internet dapat memudahkan khalayak untuk memperoleh dan mengakses portal media yang diinginkan dengan mudah dan cepat.
Kesimpulan
Dari artikel diatas, dapat disimpulkan bahwa seiring perkembangan jaman, internet menjadi new media atau media baru yang paling banyak serta sering dimanfaatkan oleh manusia. Hal tersebut disebabkan karena kemudahan yang disediakan oleh internet sepperti halnua berkomunikasi, bertukar informasi, mendapatkan hiburan, berbisnis secara online, dan hal lain sebagainya.
New media merupakan istilah yang dimaksudkan untuk menandai kemunculan digital, komputer, serta jaringan teknologi informasi dan komunikasi. Hampir semua kemunculan teknologi yang digambarkan sebagai new media adalah digital.




Referensi:
http://www.usg.edu/galileo/skills/unit07/internet07_02.phtml
https://www.kompasiana.com/santhabriancha/new-media-internet-sebagai-teknologi-baru_58b04793f77e61731b7fc6ef
http://dimbodim.blogspot.co.id/2010/10/penerapan-new-media.html?m=1
http://kriboanker.blogspot.co.id/2011/11/new-media.html?m=1
http://davindirgantara.blogspot.co.id/2014/10/makalah-new-media.html?m=1
https://shaktidarikhwan.wordpress.com/2014/09/29/new-media-definisi-pandangan-manfaat-komponen-aplikasi-dan-menganalisa-serta-menjelaskan-fitur-dari-new-media/
https://hakkajiten.wordpress.com/internet-dan-new-media/pengertian-new-media/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artificial Intelligence for Games BAB 2

Artificial Intelligence for Games